tips agar kuat berpuasa selama bulan ramadhan

Bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim telah datang.disambut dengan gembira oleh para muslim dan muslimat.dan saatnya pula kita menyiapkan fisik dan mental untuk melaksanakan ibadah wajib dibulan ramadhan yaitu berpuasa.dalam puasa kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga tapi bukan itu saja tentunya kita juga diwajibkan menahan amarah dan emosi kita puasa bukanlah hal yang sulit tapi juga bukan perkara yang mudah terbukti banyak dari kita yang kuat berpuasa full sebulan ada juga yang bolong-bolong bahkan tidak berpuasa sama sekali.untuk itu saya telah menyiapkan tips saat berpuasa agar kita kuat menjalani puasa sampai waktunya berbuka.

















1.hindari minum teh saat sahur.karena teh memiliki sifat diuretik atau bersifat menambah kecepatan pembentukan urin.karena itu tubuh akan energi ekstra akibat organ-organ dalam tubuh kita terus mengeluarkan cairan.kan bahaya tuh kalo pas puasa kita pipis trus bisa-bisa dehidrasi  hehe

2.usahakan setiap makan sahur khususnya biasanya ada nasi dan lauk itu mengandung 4 sehat  dengan makanan yang banyak mengandung gizi seperti karbohidrat,protein,mineral dan vitamin terbukti meningkatkan daya tahan tubuh kita saat berpuasa.kita asumsikan saja seperti ini menu makanannya sahurnya ada nasi,ikan atau ayam atau tempe goreng,ada sayuran hijau berkuah sop misalnya ditambah buah apel,pisang,jeruk secukupnya

3.karena menurut saya pada saat puasa itu yang paling gak nahan banget itu hausnya banyakin juga minumnya kalau saya biasanya pas makan sahur habis 4-5 gelas air minum hehe.jadi pas baru bangun tidur  minum  1gelas selama makan 1 gelas(ya siapa tau aja nanti pas makan tersedak)trus pas mepet imsak 2gelas itu pengalaman saya puasa kemarin terbukti tidak dehidrasi(haus sih haus Cuma ya nggak parah-parah amat hehe)

4.usahakan makan sahurnya mepet waktu imsak.jangan begini misalnya ditempat kamu imsak jam 4.16 kamu setengah 4 udah selesai  kan sunnah nabi mengakhirkan sahur dan menyegerakan buka.nah dari hal ini berarti yang kamu butuhkan adalah jadwal imsakiah biasanya dimasjid tempat kamu taraweh kamu bakal dapet lembaran jadwal imsakiah gtu atau kalau gak dapet bisa nyari diinternet asal sesuaikan dengan daerah kamu tinggal

5.susu lebih baik dijadikan minuman pada saat sahur karena dalam susu mengandung banyak mineral dan lemak yang bisa membantu kita menahan lapar lebih lama.buat bapak-bapak hindari minum kopi yaa kopinya distop dulu sat sahur karena kopi mempunya sifat sama seperti teh yg saya jelaskan diatas dan mengandung senyawa kafein untuk sahur susu dan air putih saja.

6.kebanyakan dari kita yang melakukan puasa biasanya setelah sahur kita sholat shubuh trus dilanjutkan tdur atau bahkan habis sahur langsung tdur tanpa sholat shubuh hehehe.usahakan jangan tdur saat setelah sahur karena apa?  Selain bisa membuat kita telat berangkat kerja  tidur di pagihari tidak bagus juga buat kesehatan dan membutuhkan banyak energi berbeda dengan tdur dimalam hari.lebih baik setelah sahur kita lanjutkan sholat shubuh trus sedikit berolahraga untuk menjaga kebugaran lalu dilanjutkan dengan mengerjakan pekerjaan rumah nyuci piring,nyapu rumah atau manasin motor hehehe.lalu bersiap kerja dengan begitu insyaallah kerjaan tidak terganggu dan puasa jalan trus.

7.kita juga harus ingat puasa bukan Cuma sekedar menahan lapar dan dahaga bukan?untuk itu ciptakan suasana yang nyaman,fresh,fun dan menyenangkan hindari hal-hal yang bisa membuat tegang,bikin marah atau emosi lebih baik kita tinggalkan hal-hal seperti itu selain bisa membuat puasa kita tidak kusyu terbukti menahan marah atau emosi itu membutuhkan energi juga,jadi rugi donk kalau energi kita Cuma kita pakai untuk menahan marah,,

Ok menurut saya itu aja thnk buat rekan-rekan semua yang telah berkunjung dan selamat menunaaikan ibadah puasa ramadhan ditahun ini semoga kuat sampai akhir nanti dan amal puasa kita diterima allah dan tidak tidak menjadi puasa yang sia-sia amin.

3 comments:

berkomentarlah yang baik atau DIAM.no junk,no spam,no sara ok brow