asal-usul dan sejarah emo

kita pasti tidak asing dengan istilah emo.dalam kalangan anak muda pastinya sudah tak aneh lagi dengan kata emo.menurut sejarah emo,emo berasal dari kata emosional.gaya hidup dan penampilan emo pun sempat menjadi trend anak muda sekarang.gaya rambut berponi yang menutupi sebelah mata dan juga make up yang terkesan metal dan gothic menjadi ciri khas komunitas emo.tapi jangan cuma dilihat dari segi penampilan saja ada baiknya juga kita tahu tentang asal-usul dan sejarah emo untuk itu silahkan baca selengkapnya.


















Apakah Emo itu ? menurut sejarah emo kata emo itu diambil dari kata emosional.
Dalam kalangan anak muda mungkin tak aneh dengan kata emo. Bukan hanya dikalangan anak muda saja berbagai mdia komunikasi saja sekarang sudah sering membahas semua hal tentang sejarah emo , baik di media cetak, media elektronik maupun dalam dunia maya atau internet.
Jadi sebenarnya apa sih emo itu? Bagaimana awal terbentuknya komunitas emo ini 
Berbagai pernyataan maupun pernyataan pun terus muncul seiring perkembangan sejarah emo yang kini telah merajalela. Di lihat dari gaya dalam memakai atribut saja pasti sudah memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan komunitas lainnya. Secara tidak langsung orang pasti menilai itu dimulai dari melihat penampilan mereka.
Kini berbagai tempat hang-out nya anak muda pasti banyak yang menemui gaya metal . PAda beberapa bagian tubuh dari mereka dipasangi anting bukan hanya dibagian telinga sauja bahkan ada yang memakai anting tersebut di lidah, telinga, dan ada juga yang dihidung. Ditambah lagi dengan aksesoris lainnya .
Tak cukup dengan gaya dalam penampilan saja, emo biasanya menggunakan make up pada wajahnya namun aksennya yang dramatis. Penampilan seperti itulah yang menjadi kunci utama dari sejarah emo ini.
Percampuran antara gaya ghotic dan punk yang dipilih oleh emo. Katanya sih sejarah emo itu nama pendeknya, kalau panjangnya itu emotion, hal ini menunjukan lebih ke pola atau gaya kehidupan emotion hardcore . Nah emotion hardcore ini katanya adalah perkembanygan dari aliran sebelumnya yaitu punk dan skinhead.
Gebukan pada drum yang dahsyat dan gitar elektik clean yang penuh raungan adalah ciri musik emo
Sejarah Emo
Sekitar pertengahan 1980 sejarah emo awalnya itu tumbuh karena ada grup band punk-melodis di Washington melalui DC Scene. Tema lagu yang sering digunakan di lagu-lagunya biasanya diselimuti dengan gejolak emosi yang membara, dan juga tak terlepas dari cinta.

Terjada perjalanan pada masaitu tidak berjalan mulus. Reaksi yang mencengangkan timbul terhadap lan MacKaye disertai dengan kekerasan  Lan MacKaye yang merupakan personil dari band Minor Threat berevolusi dalam tema musiknya sehingga para anggota komunitas merasa dikhianati
Fans grup musik ini yaitu Guy Picciotto membentuk sebuah grup yang bernama Rites of Spring. Jenis musik ini ternyata tak sesuai dengan aturan yang ada pada hardcore. Unsur melodis dan tentang perasaan akan cinta pribadi yang tampak dalam musik ini bukan lah gejolak emosi yang menggebu-gebu atas semangat komunitas Tanggapan atas kemunculan komunitas ini ada yang positif juga ada yang negatif. Para anggota skinhead punk beranggapan bahwa aliran sejarah emo yang membawa aliran skinhead punk dalam kehancuran
Tak hanya pendapat negative ada juga pendapat positifnya . emo dianggap ide atau gagasan yang dapat membawa suasana segar dalam musik.
Pada tahun 1990 popularitas internasinal band emo sedang dalam puncak karir. Banyak band beraliran melankolis yang muncul dalam industry musik contohnya saja Gray Mather, Moss Icon, dan masih banyak yang lainnya.
Sebenarnya percampuran die mo itu bagus.Dengan mencampurkan dua aliran yang berbeda itu akan menghasilkan sesuatu yang baru dan pastinya berbeda dengan yang lainnya. Akan menghasilkan hasil yang dahsyat jika gotic dan punk ini digabungkan dan disesuaikan dengan kalangan anak muda zaman sekarang ini. Dan pastinya akan menghasilkan inovasi baru yang bisa menjadi inspirasi untuk dunia industry musik.
Dengan berkolaborasi maka keduanya akan bisa saling menutupi kekurangannya dengan perpaduan yang mereka tampilkan. Hal ini harus didukung dengan kreativitas lainnya juga. Salah satunya yaitu membuat ciri khas dari penampilan kalian agar terlihat penuh semangat.

 Atribut Emo
1.Tindik
 Ada yang beranggapan bila tidak ditindik berarti cemen. Mereka selalu melekatkan berbagai tindikan di area wajah mereka . Bukan hanya di telinga saja tapi juga di sekitar bagian lidah lalu ada juga dibagian hidung. Meskipun rasanya pasti sakit tapi demi jiwa sejarah emo mereka lakukan hal itu.

2.Sepatu
Bukan hanya merias bagian wajah saja kaki juga harus memakai aksesoris yang sama biasanya sih sepatunya itu converse

3.Baju
Walaupun ada yang beranggapan aliran emo itu acak-acakan dalam penampilannya. Tapi mereka juga tak mau ketinggalan fashion terbaru. Kaos yang mereka pakai itu biasa dibei dari Distro. Bukan hanya kaos blazer dan kemeja juga tak luput dari gaya busana emo.

4.Celana
Celana pastinya sangat menunjang penampilan saat memadupadankn dengan baju. Celana Jeans staprest adalah pilihan yang cocok bag para anggota komunitas emo, yang bergaya Hipster.

5.Drugs dan Alkohol
Jangan salah beranggapan ternyata kalangan sejarah emo itu aslinya tidak pernah berbaur dengan yang namanya rokok apalagi narkoba. Namun, ada segelintir orang yang menggunakan nama emo sebagai kambing hitam.

6.Kendaraan
KAlanan emo terbilang sangat bebas dalam menggunakan kendaraan, mereka juga tak pernah gengsi bila harus memakai angkutan umum.

7.Rambut
Nah, ini yang paling jadi hal utama dalam sejarah emo. Biasanya komunitas emo itu memiliki poni rambut yang panjang hingga menutupi sebelah mata .

8.Perhiasan
Perhiasan yang dipakai bukanlah yang memberi kesan yang wah. Melainkan untuk memperkuat karakter dari emo sendiri.

9.Pewarna Rambut
Warna yang dipakai dalam komunitas emo itu biasanya berwarna merah. Kesan metal semakin kuat saja bukan.

10.Make-Up wajah
Ternyata walaupun garang kelihatannya make-up pun sangat penting dalam penunujang penampilan 11.Topi

Style Emo

Emo Girl Style

Emo Girl Style adalah sebutan bagi para cewek yang gayanya itu seperti aliran sejarah emo. Jangan sampai salah membedakan antara cewek yang berdandan punk dan cewek yang berdandan emo itu jeklas berbeda. Intinya penampilan gjoticlah yang mendasari aliran emo. Penampilan dari cewek emo tak jauh berbeda dengan kalangan cewek biasanya. Mereka juga selalu melekatkan berbagai aksesoris di kepalanya yang pastinya feminim.

Emo Boy Style

Nah kalo emo boy style pastinya gayanya itu maco. Kesan cool juga ditampilkan dalam sikap cowok emo ini.

Ironis

Sangat ironis memang bila dilihat kenyatannya perkembangan yang terjadi di emo dengan seiring berjalannya waktu. Sekarang aliran emo tidak mempunyai aturan-aturan yang benar dalam perkembangannya. Jadi wajarlah jika tanggapan negative yang mendominasi terhadap kalangan emo ini.
KESIMPULAN
Kesimpulannya perkembangan emo kini merusak ideology bangsa. Merusak pertumbuhan pergaulan khususnya di generasi muda kita. Ini akibat dari aturan-aturan atau batasan-batasan yang emo langgar.
Dengan begitu wajarlah bila emo dianggap merusak aliran skinhead punk. Dan mengubah citra menjadi buruk
Jadi intinya emo itu aliran yang berdiri bukandari skinhead punk. Mereka punya aliran masing-masing. Emo menjadikan skinhead punk sebagai modus agar emo berkembang pesat. Hal ini tidak terlepas dari pro-kemapanan yang terjadi pada masa sekarang ini.
Tentang Emo
  • Jadi sejarah akan emo awaknya berasal dari kata emocional.
  • Lalu pada tahun 1980-an lahirlah aliran emo.
  • Aliran emo kemungkinan adalah wujud ketidaksenangan para kalangan muda akibat masalah yang berkembang sekarang ini.
  • Skinhead punk berevolusi menjadi aliran emo itu salah besar
  • Homo atau lesbi sering dikaitkan dengan komunitas emo
  • Aliran emo adalah bentuk pelampiasn para kalangan muda atas beratnya beban hidup yang mereka harus hadapi baik karena masalah orangtua, pendidikan bahkan sampai masalah bangsa kita ini.
  • Bunuh diri adalah jalan yang dipilih para emo karena tidak sanggup menjalani kerasnya hidup
  • Intinya para emo hanya menuntut satu hal yaitu sebuah kebebasan yang hakiki
sumber :  http://www.anneahira.com/sejarah-emo.htm

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah yang baik atau DIAM.no junk,no spam,no sara ok brow